Informasi Dan Panduan Seputar Burung Berkicau.

TEKHNIK KHUSUS PERAWATAN BURUNG YANG SEDANG NGURAK AGAR CEPAT TUNTAS

by abang manuk , at Maret 25, 2017 , have 0 komentar
Burung mabung,ngurak atau moulting adalah proses alami yang pasti mutlak akan di alami oleh semua jenis burung atau unggas.dalam proses tersebut burung bisa dikatakan sedang sakit karena kondisi tubuhnya akan berkurang hingga 50% dari kondisi sehat sebelumnya.yang dimaksut mabung,ngurak atau moulting adalah proses dimana bulu burung akan rontok secara alami dan akan tumbuh bulu baru kembali secara alami pula.

(Gambar Burung Green Turaco)
Kesalahan dalam pola perawatan akan berakibat fatal pada performa burung untuk kedepannya karena perawatan burung yang sedang mengalami proses ngurak berbeda dengan perawatan burung sehat seperti biasanya dan kesalahan tersebut tidak sedikit di alami oleh pera kicau mania baik pemula maupun yang sudah berpengalaman.
Semua jenis burung sebenarnya memiliki kesamaan dalam pola perawatannya ketika sedang ngurak,hanya saja ada sedikit perbedaan yaitu pada jenis makanannya.

Durasi dalam tahap proses ngurak sampai benar-benar tuntas pada setiap jenis burung berfariasi,akan tetapi pola perawatan yang baik dan benar juga berpengaruh besar agar burung yang sedang ngurak tersebut bisa cepat sembuh dan peformanya juga semakin meningkat.burung yang dikenal lama dalam proses ini hingga memakan waktu berbulan-bulan ialah burung murai,cendet dan punglor sehingga banyak yang mengeluhkan bahwa ketiga jenis burung tersebut sering mengalami penurunan performa secara drastis ketika proses ngurak sudah tuntas.hal tersebut sebenarnya dipengaruhi oleh pola perawatan yang salah dan setelan pakan yang tidak sesuai.

Ciri-ciri burung dimana akan mengalami proses ngurak biasanya di awali dengan proses nyulam terlebih dahulu.yang dimaksut nyulam ialah bulu halus pada tubuh burung senantiasa akan rontok dan berjatuhan akan tetapi tidak semuanya.ketika proses nyulam berakhir selanjutnya giliran bulu pada bagian sayap dan ekor yang akan berjatuhan secara bergantian sampai benar-benar habis dan hal tersebut di artikan proses ngurak.

Beberapa tekhnik perawatan khusus untuk burung yang sedang ngurak sangat diperlukan agar proses ngurak yang berlangsung capat tuntas.dari beberapa penuturan oleh pihak yang memiliki hobi sama tentunya ada perbedaan dan kesamaan yang sulit dipahami kebenarannya khususnya bagi para pemula.akan tetapi merangkum dari pernyataan tersebut team kami belakangan ini menemukan dan menyimpulkan kebenaran dari pernyataan tersebut melalui pemantuan dan penelitian yang sudah kita terapkan pada beberapa jenis burung yang memang mengalami hal serupa.penilaian yang membawa hasil positif tersebut akan saya beberkan kepada kalian semua yang memiliki hobi sama dan kerap mengalami kesalahan dalan merawat burung yang sedang ngurak.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa cara mengenai pola perawatan khusus untuk burung yang sedang mengalami proses ngurak agar cepat tuntas dan performanya semakin meningkat.untuk kalian yang kebetulan sedang mencari referensi atau cara untuk hal tersebut silahkan kalian simak penjelasan dibawah ini.

TEKHNIK KHUSUS PERAWATAN BURUNG YANG SEDANG NGURAK AGAR CEPAT TUNTAS.


  •  Dalam kesehariannya burung ngurak,mabung atau moulting wajib di full kerodong.ketebalan kerodong juga diperlukan agar kondisi tubuh burung senantiasa selalu tetap hangat.
  •  Alas sangkar dibersihkan setiap hari agar bebas dari kotoran dan sisa makanan serta bulu yang berjatuhan.saat yang tepat pada tahapan ini ialah di pagi hari saja.
  •  Gantang burung ngurak didalam ruangan yang sepi dan bebas dari jangkauan burung lain atau sejenisnya.sebaiknya pilih ruangan yang sirkulasi udaranya membaik.
  •  Tambah porsi pemberian pakan berupa EF dari biasanya.misalnya sebelum ngurak porsi pakan EF 3×3 di genjot menjadi 5×5.
  •  Agar burung membawa materi lagu baru maka dalam kesehariannya burung yang sedang ngurak kita master dengan suara burung paforit dengan volume pelan saja (jangan lupa berikan jeda pada setiap suara masteran minimal tiga menit).
  •  Stop pemandian terlebih dahulu sampai burung benar-benar sudah tuntas dari proses ngurak.akan tetapi sediakan cepuk agak besar berisi air agar burung bisa mandi sendiri ketika dia membutuhkan.jangan lupa air minum selalu kalian ganti dengan yang baru atau yang lebih fresh.
  •  Penjemuran cukup dua kali dalam seminggu dengan durasi cukup satu jam saja dalam keadaan sangkar tetap di kerodong dan bebas dari jangkauan burung lain atau sejenisnya.
  •  Tiga kali dalam seminggu berikan pakan EF tambahan berupa keroto segar,ulat kandang dan ulat hongkong agar tubuh burung tetap hangat dan mempercepat proses perontokan serta kecukupaan gizinya tetap terkontrol.
  •  Jangan terlalu sering atau berlebihan memantau burung,cukup pada saat diperlukan saja seperti mau memberi makanan dan minuman.
  •  Agar burung tidak mengalami stres akibat dikarantina yang berkepanjangan,pada saat pagi hari tiba sebaiknya burung kalian gantang di luar ruangan dengan posisi kerodong dibuka separuh sembari membersihkan alas sangkar.
  •  Jika suatu saat ada sebagian bulu burung yang membandel atau sulit mau rontok,maka dengan segera burung kalian therapy sauna dengan cara dijemur pada terik sinar matahari langsung dengan keadaan sangkar dukerodong selama satu jam saja (sebelum penjemuran kerodong kalian basahi tipis-tipis dengan air bersih.waktu yang tepat untuk melakukan therapy sauna ialah jam 09.00 pagi sampai jam 10.00 pagi.
  • Tetap sabar dan selalu konsisten serta tepat waktu pada setiap tahapan penting yang sangat di perlukan oleh burung yang sedang ngurak.
Terima kasih dan semoga bermanfaat.


TEKHNIK KHUSUS PERAWATAN BURUNG YANG SEDANG NGURAK AGAR CEPAT TUNTAS
TEKHNIK KHUSUS PERAWATAN BURUNG YANG SEDANG NGURAK AGAR CEPAT TUNTASMaret 25, 2017, categorized as PerawatanTips 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

Arsip Blog