Informasi Dan Panduan Seputar Burung Berkicau.

TIPS MENYEMBUHKAN BURUNG YANG SUKA MENCABUTI BULUNYA SENDIRI

by abang manuk , at Februari 02, 2017 , have 0 komentar
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai burung yang memiliki kebiasaan tidak baik,yaitu kebiasaan mencabuti bulunya sendiri.pada umumnya bulu burung yang rontok ketika dalam masa ngurak/mabung selanjutnya akan tumbuh bulu baru dengan sempurna kembali.namun berbeda dengan rontok yang dilakukan dengan cara paksa atau dengan cara disengaja oleh burung tersebut dan terus menerus tanpa melewati tahap dimana bulu tumbuh dengan sempurna.burung yang memiliki kebiasan buruk tersebut biasanya sering mencabut bulunya sendiri pada seluruh tubuhnya tanpa memandang masih rebung (muda) bahkan bulu yang sudah tua sekalipun.

Jika masalah ini dibiarkan berangsur lama dalam jangka panjang tanpa ada penanganan dari sang majikan,maka burung tersebut akan mengalami kebotakan secara permemen.bulu yang kurang sempurna (botak) bukan hanya merusak penampilan saja,melainkan membuat burung mudah terserang penyakit.kulit burung tanpa perlindungan bulu membuat pori-pori mudah terjangkit virus jahat dan mudah sakit karena kulit sangat rentan dan sensitif pada hawa dingin maupun hawa panas di sekitar.

Burung dengan kebiasaan buruk tersebut dapat terjadi pada setiap jenis burung apapun.dari banyak kasus penyebabnya antara lain...
A). Terdapat baktrti yang tumbuh pada kulitnya seperti jamur dan kutu sehingga kulit menjadi gatal.
B). Terlalu berlebihan dalam pemberian pakan berupa EF (ektra fooding) akibatnya burung mengalami OB (over birahi).
C). Burung selalu diberi makan berupa voer kering atau biji-bijian saja tanpa ada pakan selingan bernutrisi berupa EF atau buah-buahan dan sayuran.akibatnya burung kekurangan nutrisi (gizi buruk).
D). Burung yang tidak terawat atau kurang mendapat perawatan yang baik dari sang majikan.
E). Burung kalah mental atau drop selesai di adu dilapangan.akibatnya burung mengalami stres.
(Gambar Bulu Burung)
Dari beberapa kasus yang banyak beredar mengatakan jika burung yang selalu mencabut bulunya sendiri mengalami OB (over birahi) sehingga ketika melakukan cara penyembuhan dengan cara dimana burung tersebut agar tidak OB ternyata tidak membuahkan hasil apa-apa terhadap penyakit burung yang suka mencabut bulunya sendiri.
Ada lagi yang mengatakan bahwa burung yang memiliki kebiasaan buruk tersebut tidak bisa disembuhkan karna sudah menjadi karakter dan penyakit turunan dari sang indukan.
Mendengar pernyataan tersebut tentunya salah dan tidak patut untuk di tiru oleh semuanya.secara garis besar segala permasalahan yang timbul pada burung memiliki cara untuk bisa kita disembuhkan.jika kalian memiliki burung yang mempunyai kebiasaan buruk tersebut coba lakukan beberapa tips atau cara penyemhuhan seperti di bawah ini.

Penyembuhan Burung Yang Sering Mencabut Bulunya Sendiri.

1). Jika kalian memiliki burung lebih dari satu maka asingkan burung yang sakit dari burung sehat lainnya.hal ini bertujuan agar burung yang lain tidak meniru perlakuan buruknya atau memicu penularan perilaku yang tidak baik.hal ini juga berfungsi mengembalikan mental burung yang lagi drop agar kembali normal.

2). Dalam kesehariannya berikan pakan bernutrisi serta stel pakan berupa EF dengan sebaik mungkin (jangan kurang dan jangan berlebihan) agar nutrisi terpenuhi tanpa menimbulkan OB (over birahi).

3). Mandikan burung tersebut secara rutin antara pagi dan sore hari,selesai pemandian lakukan penjemuran secukupnya "intinya sampai bulu burung kering kembali".selama proses penjemuran jangan dipertemukan dengan burung sejenis dan berbeda jenis lainnya.

4). Ketika burung sedang istirahat,baik malam maupun siang hari,jangan abaikan kerodong pada sangkarnya.pemakaian kerodong pada sangkar berfungsi sebagai antisipasi agar cuaca di sekitar menjadi seimbang serta mencegah bahaya dari hewan dan serangga berbahaya lainnya.

5). Berikan multivitamin tambahan agar kondisi tubuh dan staminanya semakin membaik.multivitamin bisa berupa serbuk atau cair yang bisa kalian peroleh di toko atau kios burung terdekat.
perlu di ingat!!!jangan sekali kali memberikan multivitamin yang mempunyai fungsi pendongkrak birahi.

6). Jangan di bawa pada arena perlombaan meskipun burung dalam performa baik dan masih gacor selama kondisi belum sembuh total.ini bertujuan agar mentalnya tidak kembali drop dan semakin mempersulit penyembuhan.

7). Khusus burung paruh bengkok khususnya burung lovebird berikan mainan di dalam sangkarnya berupa kertas atau batang kayu yang lunak.

8). Dua minggu sekali berikan cairan antiseptik yang memang khusus untuk burung pada air mandinya.konsultasi pada sipenjual atau kerabat kalian yang lebih berpengalaman mengenai merk atau produck yang sudah menjadi kepercayaan.

Demikian beberapa tips penyembuhan pada burung yang memiliki kebiasaan mencabut bulunya sendiri.kiranya bisa memberikan manfaat pada kalian semua.Terima kasih.
TIPS MENYEMBUHKAN BURUNG YANG SUKA MENCABUTI BULUNYA SENDIRI
TIPS MENYEMBUHKAN BURUNG YANG SUKA MENCABUTI BULUNYA SENDIRIFebruari 02, 2017, categorized as PermasalahanTips 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

Arsip Blog