Informasi Dan Panduan Seputar Burung Berkicau.

PAKAN RACIKAN KHUSUS UNTUK SEMUA JENIS BURUNG KOLIBRI

by Unknown , at Desember 08, 2016 , have 0 komentar
Sejauh ini banyak pendapat yang salah mengenai burung kolibri,dimana agar mampu bertahan hidup dalam perawatannya kita cukup memberikan asupan makanan yang terbuat dari larutan gula saja.untuk semua jenis burung kolibri pada dasarnya memang menyukai rasa manis yang biasa di sebut nektar (nektar yang di dapat dari sari pati bunga,buah dan tumbuhan).kandungan dan nilai gizi nektar asli sudah tentu berbeda dari kandungan air gula yang berasal dari pohon tebu.

Burung kolibri menyukai air gula di karenakan rasanya yang manis dan memang sama persis seperti layaknya makanan utamanya yaitu nektar.akan tetapi banyak yang melihat fakta di alam liar burung ini kerap menyantap hewan atau serangga berukuran kecil lainnya.mendengar hal tersebut sudah bisa di pastikan jika burung kolibri sangat membutuhkan asupan lebih dari makanan untuk kesehariannya yang bukan hanya berasal dari nektar saja.
Merawat burung kolibri bisa di bilang berbeda dengan perawatan burung lainnya,terutama dalam hal pemberian pakan.kenapa saya bilang demikian?karna jika kita merawat burung kolibri,sudah tentu kita tidak bisa memberikan makanan aslinya di alam liar yaitu nektar,melainkan kita harus memberikan makanan inisiatif dari diri kita sendiri yaitu berupa nektar buatan.burung kolibri sangat rentan,sensitif dan membutuhkan waktu yang agak lama untuk beradaptasi jika berada di dalam sangkar,jika kita salah dalam merawat apalagi dalam pemberian pakan maka burung kolibri akan cepat stres,malas berkicau dan akhirnya berujung pada kematian.

Mengingat pamor burung kolibri semakin ramai akan peminat dan juga banyak di buru oleh para kicau mania untuk di jadikan bahan ocehan yang menyenangkan,maka pakan burung kolibri berupa nektar buatan akhir-akhir ini banyak tersedia serta berbagai merk juga ikut serta di toko,kios dan pasar burung.pakan burung kolibri berupa nektar buatan memiliki komposisi yang berbeda dari air gula biasa,namun memiliki kesamaan akan rasa yaitu rasa manis.fungsi dari segala merk pakan burung kolibri tidak lepas dari segala hal yang beranggapan mampu membuat burung rajin berkicau,namun hal yang peling penting tetap perhatikan kandungan gizinya agar burung kolibri senantiasa sehat.burung apapun jika kondisi tubuh dan mentalnya sehat sudah tidak bisa dipungkiri akan rajin berkicau.
pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips pakan racikan burung kolibri agar mampu bertahan hidup dengan lama dan tentunya semakin rajin berkicau.
(Gambar Burung Kolibri)
PAKAN RACIKAN KHUSUS UNTUK SEMUA JENIS BURUNG KOLIBRI

*Bahan-Bahan*

1). Tiga butir telur burung dara.kalau tidak memungkinkan boleh di ganti dengan satu butir telur ayam kampung.namun tetap di usahakan sebisa mungkin menggunakan bahan telur burung dara.

2). Madu murni sebanyak tiga sendok makan (jangan kurang dan jangan lebih).

3). Susu kental manis.boleh kalian beli yang berupa shancetan atau boleh susu kental manis kalengan namun yang di perlukan hanya tiga sendok makan saja.

4). Satu sendok makan kroto segar.
5). Multivitamin tetes/cair khusus untuk kesehatan burung.

6). Air mineral matang panas.

*CARA PEMBUATAN*

Campurkan menjadi satu ke empat bahan di atas yang berupa telur,madu,susu dan kroto,tapi untuk bahan berupa telur hanya di ambil bagian kuningnya saja.aduk hingga merata seutuhnya terus di tambah air panas sebanyak tiga sendok makan dan kembali di aduk hingga merata.ketika campuran bahan sudah mulai dingin maka kalian teteskan sebanyak 6 tetes multivitamin yang sudah kalian sediakan dan aduk kembali.sampai di situ pakan racikan buat burung kolibri sudah selesai dan siap untuk di komsumsikan.

*PENYAJIAN*

Semua takaran bahan-bahan di atas hanya untuk di sajikam selama dua hari saja,jadi pemberian hari pertama setengah takaran dan setengah takarannya lagi kalian taruh di tempat dingin (kulkas).
Untuk pakan tiga hari selanjutnya bisa kalian racik kembali melalui bahan dan cara yang sama persis seperti di atas.

TAMBAHAN!!!

*Takaran ini sengaja saya sesuaikan untuk menjaga kondisi pakan racikan agar selalu fres tanpa adanya bahan pengawet.

*Dalam pemberian pakan racikan ini kalian tetap wajib menyediakan air putih matang di dalam sangkar burung kolobri.

*Makanan ef lainnya seperti ulat kandang dan jangkrik kecil tetap kalian sediakan juga meskipun tidak di makan,ini bertujuan sebagai antisipasi jika burung kolibri tidak mau menyantap makanan yang sudah kalian racik tadi.

*Dalam pembuatan atau meracik pakan berupa bahan di atas sebaiknya jangan melebihi dosis.

*Pakan racikan ini mudah menggumpal dan mengeras,jadi sebaiknya ketika burung kolibri dalam keadaan di jemur sebaiknya di berikan pakan berupa nektar terlebih dahulu.

Demikianlah artikel dari saya kali ini,jangan lupa bantu share dan silahkan kalian cari info serta tips bermanfaat lainnya melalui website ini.
Terima kasih dan semoga bermanfaat.
PAKAN RACIKAN KHUSUS UNTUK SEMUA JENIS BURUNG KOLIBRI
PAKAN RACIKAN KHUSUS UNTUK SEMUA JENIS BURUNG KOLIBRIDesember 08, 2016, categorized as KesehatanKolibriTips 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

Arsip Blog