Informasi Dan Panduan Seputar Burung Berkicau.

MENGENAL DAN CARA PERAWATAN BURUNG NURI

by Unknown , at Desember 13, 2016 , have 0 komentar
Sebelum dunia kicau mania tenar seperti sekarang ini,burung paruh bengkok banyak di pelihara untuk di jadikan hiburan melalui aksi lucu dari atraksinya.burung paruh bengkok di kenal dengan burung cerdas dan mudah beradaptasi,sehingga bisa di latih untuk mengikuti beberapa gerakan layaknya hewan pada sirkus.
Burung ini termasuk kelas ordo berfamily tunggal dengan nama binominal Psittacula alexandri dan parrot dalam bahasa inggris.

Seiring berkembangnya jaman dan semakin maraknya para kicau mania,kini burung paruh bengkok di pelihara untuk di nikmati suara kicauannya dan kerap di jadikan burung master andalan.suara keras dan lantang menjadi suatu bagian penting bagi burung lomba,dan suara dari burung paruh bengkok ini masuk ke dalam jajaran suara masteran untuk segala jenis burung yang ingin di ikut sertakan dalam lomba atau kontes burung berkicau.

Beberapa burung paruh bengkok yang banyak di pelihara khususnya di indonesia ialah lovebird,parkit,serindit,nuri,kaka tua dan lain sebagainya.kualitas dari beberapa jenis burung tersebut tentunya berbeda,dan saat ini yang menjadi burung paruh bengkok paling laris dan fenomenal ialah burung nuri dan lovebird.adapun burung yang kini sudah termasuk dalam kategori burung langka dan di lindungi ialah burung kakak tua,namun ada sebagian burung nuri yang saat ini di lindungi karena terancam kepunahan.burung kakak tua dan burung nuri di buru secara besar-besaran dan di ekspor ke beberapa negara tanpa ada penangkaran sehingga membuat burung ini kini sudah jarang bahkan langka kita temukan di alam liar.

Burung nuri memiliki warna bulu yang beragam dan indah,burung ini di buru oleh para penghobi untuk di nikmati suara kicauannya dan di jadikan burung hiburan karna pada dasarnya selain berwarna indah,burung nuri mudah sekali untuk jinak dan penurut kepada majikannya.burung nuri layaknya seperti burung kakak tua,dimana mampu menirukan suara manusia namun hanya serbatas kalimat saja.burung nuri juga mampu berkicau dan menirukan suara burung lain.memelihara burung nuri oleh banyak orang biasanya akan terlihat unik bila tanpa sangkar seperti merawat burung biasanya,hanya membutuhkan sangkar gantung tanpa jeruji layaknya ayunan,bahkan ada juga yang biasa membawa burung ini berjalan-jalan sambil bermain dengan bermodalkan sebuah rantai kecil yang di ikatkan pada kakinya.

Burung nuri terdapat beberapa jenis dan warna yang berbeda,mulai dari yang umum di pelihara banyak orang sampai yang sudah terancam kepunahan.namun dari semua jenis tersebut tetap dalam satu keluarga yaitu burung paruh bengkok/parrot.beberapa jenis burung nuri yang perlu kita ketahui antara lain sebagai berikut.

    *RAGAM JENIS BURUNG NURI*

1). Burung nuri hitam (Chalcopsitta atra)
2).Burung nuri aru (Chalcopsitta sintillata)
3).Burung nuri cokelat (Chalcopsitta duivenbodei)
4). Burung nuri sayap-hitam (Eos cyanogenia) "Terancam Kepunahan"
5). Burung nuri tanimbar (Eos reticulata) "Terancam Kepunahan"
6).Burung nuri kalung ungu (Eos squamata)
7). Burung nuri talaud (Eos histrio) "Terancam Kepunahan"
8). Burung nuri maluku (Eos rubra)
9). Burung nuri telinga biru(Eos semilarvata)
10). Burung nuri kelam (Pseudeos fuscata)
11). Burung nuri kepala hitam(Lorius lory) "Burung Dilindungi"
12). Burung nuri merah kepala hitam (Loriusdomicella)  "Burung Dilindungi"
13). Burung nuri bayan (Eclectus roratus) "Burung Dilindungi"
14). Burung nuri kabare (Psittrichas fulgidus) Biasa disebut kasturi raja "Burung Dilindungi"
15). Burung nuri pipi merah (Geoffroyus geoffroyi)
16). Burung nuri kaling biru (Geoffroyus simplex)
17). Burung nuri tanau (Psittinus cyanurus).
Itulah beberapa jenis burung nuri yang tersebar luas di seluruh indonesia,dan mungkin masih ada jenis lain yang tidak ada dalam daftar di atas.

Jika kalian termasuk para kicau mania yang kagum akan keindahan,maka burung nuri patut menjadi burung peliharaan anda di rumah.di samping mudah dalam perawatan,pemberian pakan yang mengandung banyak gizi dan multivitamin juga ikut andil dalam memelihra burung paruh bengkok yang satu ini.
Sebagian para pemula banyak yang salah dalam merawat burung nuri,tanpa di sadari berdampak kurang baik bila di biarkan begitu saja tanpa adanya ilmu dari luar.
Burung nuri jika di rawat dengan biasa-biasa saja dan pemberian pola makanan yang sedikit mengandung multivitamin sangat terlihat jelas dari segi fisiknya,seperti burung mengalami kebotakan,lemas,malas beraktifitas,stres dan bahkan bertingkah laku giras kepada majikannya.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips sederhana merawat burung nuri yang baik dan benar.hal ini semoga menjadi bahan pelajaran yang bermanfaat sehingga tercipta burung nuri yang kalian inginkan.

    *PERAWATAN BURUNG NURI*

Sebelum saya menjelaskan tentang cara perawatannya,perlu kalian ingat dan ketahui bahwa wajib hukumnya kalian pelihara burung nuri yang tidak termasuk dalam kategori burung yang terancam kepunahan dan di lindungi.cara ini khusus untuk burung nuri yang lazim di pelihara banyak orang.dan alangkah bijaknya lagi untuk menghindari burung dari kepunahan maka dalam memelihara burung jenis apapun di imbangi dengan penangkaran.
baiklah kita lanjut ke cara perawatan burung nuri yang baik dan benar.

•Burung nuri bahkan khusus semua burung paruh bengkok gemar membersihkan diri dengan cara mandi,jadi usahakan setiap hari burung nuri kalian di mandikan.memandikan burung nuri bisa kalian semprot atau menggunakan keramba (sesuai kebiasaan masing-masing).
•Sediakan makanan kesukaannya agar burung nuri senantiasa senang dan betah tinggal bersama kalian.makanan paforit burung nuri berupa buah dan sayur segar seperti apel,pear,pisang,nangka,jagung muda,wortel,sawi,brokoli dan lain sebagainya.buah yang di larang untuk di konsumsikan kepada burung nuri antaralain buah coklat dan alpukat.
•Makanan tambahan berupa susu bubuk atau bubur banyi juga penting.susu dan bubur banyi mudah kalian dapatkan di toko terdekat.perlu di ingat ketika membeli bubur bayi jangan membeli yang rasa coklat.
•Sediakan air minum yang bersih,higienis dan gunakan air matang.lebih bagus lagi apabila kalian dalam kesehariannya memberikan air susu untuk minuman burung nuri.
•Penjemuran juga penting di terapkan apabila sudah selesai pemandian.durasi penjemuran cukup sampai bulu burung nuri rapi dan kering kembali.burung nuri lebih gemar pada tempat bersuhu dingin dan agak gelap,jadi penjemuran jangan terlalu melampaui batas.
•Dalam kesehariannya sempatkan diri kalian untuk bermain bersama burung nuri,tunjukkan rasa kasih sayang kepdanya agar senantiasa jinak dan penurut.
•Waktu istirahat bisa kalian isi dengan memaster burung nuri,bisa kalian gunakan dengan memakai media elektronik.
•Penempatan burung nuri wajib terhindar dari hewan atau serangga pemangsa dan berbahaya seperti kucing dan tikus.
•Sangkar burung nuri tergantung dari karakter masing-masing.
jika ingin menggunakan sangkar gantung di wajibkan burung nuri kalian harus sudah benar-benar jinak.Jika masih giras maka gunakan sangkar luas yang terbuat dari kawat.
•Pemberian obat tetes cair juga tidak di larang.hal ini juga penting agar tubuh burung selalu sehat dan terhindar dari segala macam penyakit.

Sebenarnya perawatan burung nuri sangat mudah kita terapkan.yang terpenting persediaan makanan jangan sampai lupa atau bahkan telat.di samping itu perlakukan burung nuri kalian dengan kelembutan dan kasih sayang,niscaya burung nuri kalian akan membalasnya dengan kebaikan yang membuat kalian senang dan merasa bangga.

     Sekian dan semoga bermanfaat
                  TERIMA KASIH
MENGENAL DAN CARA PERAWATAN BURUNG NURI
MENGENAL DAN CARA PERAWATAN BURUNG NURIDesember 13, 2016, categorized as NuriPerawatan 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

Arsip Blog