Informasi Dan Panduan Seputar Burung Berkicau.

PAKAN UNTUK JANGKRIK MEMILIKI PERAN PENTING BAGI BURUNG

by abang manuk , at Oktober 03, 2016 , have 0 komentar
Seperti yang kita ketahui pakan ekstra fooding untuk burung berkicau yang paling banyak gemari adalah jangkrik.para pecinta burung berkicau setiap harinya pasti selalu berhubungan dengan serangga yang satu ini.serangga berupa jangkrik di kenal banyak mengandung vitamin dan protein yang sangat baik bila di konsumsi oleh burung kicauan.pada era masa kini seperti sekarang ini jangkrik sudah banyak yang di tangkarkan mengingat permintaan pasar yang semakin melonjak.dan hal ini juga bisa kita artikan bahwa para penghobi burung berkicau juga makin tambah populer dan semakin banyak peminatnya.
namun sejenak pernahkah kalian sempat terpikir jikalau pakan yang di konsumsi oleh jangkrik juga memiliki peran penting bagi burung kita?jangkrik hasil tangkaran kualitasnya berbeda dengan jangkrik yang didapat dari alam liar.pasalnya jangkrik hasil tangkaran di kasih makanan berupa voer khusus sehingga jangkrik tersebut lembek meskipun pertumbuhannya cepat besar.berbeda dengan jangkrik di alam liar yang bentuknya tidak terlalu besar namun kandungan nutrisi pada tubuhnya lebih banyak di banding jangkrik hasil penangkaran.
seperti yang kita ketahui bahwa persediaan jangkrik di alam liar kian sulit di temukan dan akhirnya kita lewat jalan pintas dengan membeli jangkrik hasil penangkaran.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips mengenai jangkrik hasil tangkaran agar bisa memiliki kandungan nutrisi melebihi jangkrik yang hidup di alam liar.hal ini bertujuan agar burung kita bisa mendapat asupan nutrisi yang lebih baik dan seimbang dari pakan EF berupa jangkrik sehingga bisa menimbulkan dampak positif  pada burung kicauan kita ke depannya.mari di simak artikel di bawah ini.

Pertama-tama tentunya kalian harus sudah punya atau sudah membeli jangkrik hasil tangkaran di kios burung.tempat menaruh jangkrik usahakan mimiliki ukuran yang agak besar,karna kesehariannya jangkrik selalu bertengkar berebut makanan dan memicu pada kematian.jangkrik yang sudah mati menimbulkan bau tidak sedap dan banyak mengandung bakteri jahat yang bisa merambat pada jangkrik yang masih sehat lainnya.jangkrik yang sudah tertular virus jahat tentunya tidak baik bila di konsumsikan pada burung kita.

Kedua kalian siapkan makanan yang akan kita konsumsikan pada jangkrik berupa
-daun serai
-daun cabe
-daun singkong
ketiga bahan tersebut banyak kita jumpai di sekitar rumah dan sudah di kenal banyak mengandung nutrisi yang baik jika di konsumsikan pada serangga atau hewan pemakan tumbuhan(herbivora).

Ketiga kita lanjut ke cara penyajiannya.
pertama kita bersihkan terlebih dahulu ketiga bahan di atas agar lebih higienis kemudian kita tiriskan sampai kering dari air bekas cucian tadi.
selanjutnya kita potong menjadi kecil-kecil dengan ukuran sekitar 3 cm (tidak perlu besar-besar  dan tidak perlu kecil-kecil).
selesai di potong-potong kemudian kita taruh pada wadah dimana kalian meletakkan jangkrik.
ketakkan wadah jangkrik di tempat sejuk dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

PENTING!!!
pemberian pakan pada jangkrik berupa bahan di atas jangan terlalu banyak,harus seimbang dengan banyaknya jumlah jangkrik pada wadah.hal ini bertujuan agar pakan jangkrik tidak mudah membusuk.pakan jangkrik yang terlalu melampaui batas jika terlalu lama diam di wadah pakan akan membusuk dan banyak mengandung virus yang memicu berkurangnya kandungan nutrisi penting karena bercampur kotoran dan air seni jangkrik.
Jangkrik yang sudah di kasih pakan bahan di atas bukan hanya baik di konsumsi burung berkicau,melainkan jangkrik tersebutb bisa kita konsumsikan pada ulat hongkong dan ulat kandang namun sebelum di konsumsikan kepala jangkrik di potong terlebih dahulu.
ulat hongkong dan ulat kandang biasanya lahap menyantap jangkrik yang kesehariannya makan daun serai,cabe dan singkong.

Sekian artikel dari saya kali ini.semoga bermanfaat dan membawa nilai positif.terima kasih dan salam satu hobi.




PAKAN UNTUK JANGKRIK MEMILIKI PERAN PENTING BAGI BURUNG
PAKAN UNTUK JANGKRIK MEMILIKI PERAN PENTING BAGI BURUNGOktober 03, 2016, categorized as KesehatanTips 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

Arsip Blog