Informasi Dan Panduan Seputar Burung Berkicau.

MEMPERSIAPKAN BURUNG SEBELUM LOMBA ATAU KONTES BUAT PARA PEMULA

by abang manuk , at September 24, 2016 , have 0 komentar

Sebagian besar para penghobi merawat burung berkicau bukan hanya sekedar penghias atau pelengkap rumah saja,namun sebagian besar dari mereka bertujuan mengikutsertakan burung kicauannya ke dalam arena lomba yang mana bisa maraup penghasilan berupa hadiah dan juga memiliki nilai jual yang tinggi jika burung kita bisa menang.
begitu juga untuk para pemula yang ingin membawa burung gacoannya ke arena lomba.bagi yang sudah terbiasa atau yang sudah berpengalaman tentu sudah mengerti atau sudah tidak bingung tentang tata cara perawatan burung akan hal tersebut.bagi para pemula yang belum sama sekali merasakan persaingan ketat di arena lomba pasti memerlukan info dan tata cara mengenai hal tersebut,karna pada umumnya perawatan pada burung kicauan yang akan mengikuti kontes berbeda dengan perawatan harian seperti biasanya.di artikel kali ini saya akan memberikan beberapa cara atau tips sebelum burung memasuki arena lomba khusus untuk para pemula atau bisa juga untuk yang sudah berpengalaman sebagai bahan perbandingan yang benar.
Baiklah mari di simak baik-baik dan di baca artikel ini sampai habis serta di pahami yang cermat.

Pertama-tama kalian pantau terlebih dahulu masalah karakter dan kondisi burung yang akan di bawa ke lapangan.burung yang akan di bawa ke arena lomba harus sudah benar-benar siap segalanya.maksut penjelasan ini kalian harus pantau masalah kondisi kesehatan,birahi dan mental burung kalian.ke tiga hal tersebut sangat mutlak kalian perhatikan dulu karna masalah tersebut harus sudah benar-banar seimbang agar nanti tidak ada hal yang membuat anda kecewa.kalau hal tersebut sudah memnuhi syarat kita lanjut ke pola perawatannya.

3 hari sebelum akan di bawa ke kontes burung di rawat seperti biasanya namun pemberian EF sedikit di tingkatkan agar tubuh dan stamina semakin sehat.misal untuk hari biasanya pemberian jangkrik 3 pagi dan 3 sore maka di tingkatkan menjadi 5 pagi dan 5 sore.ingat pemberian kroto segar di berikan setiap hari selama proses karantina untuk burung menjelang lomba.
1 hari menjelang kontes burung di full kerodong dan jangan di pertemukan dengan burung sejenis atau yang lain.penjemuran dan pemandian di hentikan namun pemberian EF tetap sedikit agak di tingkatkan lagi.pemberian multivitamin yang di teteskan ke dalam air minum perlu kalian konsumsikan agar kondisi burung selalu fit.

kini lanjut ke hari dimana burung sudah akan kita bawa ke arena lomba.pola perawatannya berbeda dengan hari sebelumnya dimana hari ini kalian harus benar-benar membuat kondisi dan semua aspek burung benar-benar siap dan fit. dimana pemberian EF tetap kalian terapkan namun tidak untuk mandi dan penjemuran yang harus di hentikan dahulu.sebelum berangkat menuju arena lomba bersihkan dulu sangkar burung kalian dari kotoran dan sisa makanan yang jatuh serta menempel pada sangkar,usahakan harus sudah benar-benar bersih.jarak tempuh menuju lapangan harus juga di perhatikan,bila mamakan waktu perjalanan yang agak lama maka sebelum berangkat burung di semprot atau di mandikan tapi jangan terlalu basah cukup basah secara tipis saja dan tidak usah kalian jemur selesai di sprot tersebut.selesai di semprot burung langsung di kerodong dan siap kalian bawa ke tempat lomba.

Sesampainya di arena lomba burung tetap dalam kondisi di kerodong dan gantang di tempat yang teduh dan jauh dari burung peserta lainnya.perlu di ingat gunakan kerodong yang lebih tebal supaya burung kesulitan untuk bisa melihat ke luar.
30 menit menjelang burung akan di gantang untuk lomba kalian beri EF seperti biasanya dalam keadaan burung tetap di kerodong dan usahakan jauh dari peserta burung lainnya sehingga nanti bisa fokus.
dan apabila sudah tiba saatnya burung akan di gantang maka lepas semua cepuk yang berisi makanan dan minuman serta buang sisa makanan yang jatuh di alas dan juga yang melekat di jeruji sangkar karna masalah simple tersebut juga bisa menggangu konsentrasi burung.
semua cara di atas tidak bisa kita jadikan patokan bahwa burung gacoan kita pasti akan mendapat juara.yang paling menentukan ialah kualitas dari burung lawan.karna pada dasarnya semua burung yang diikut sertakan dalam arena lomba sudah pasti memiliki kemampuan yang bisa di andalkan oleh pemilikbya.

Demikianlah artikel saya kali ini.jika di beri kesempatan saya tidak akan henti-hentinya akan memeberi info yang berguna bagi kalian semua.semoga bermanfaat dan jangan lupa di share kepada yang lain.terima kasih salam sukses dan salam satu hobi buat semua.
MEMPERSIAPKAN BURUNG SEBELUM LOMBA ATAU KONTES BUAT PARA PEMULA
MEMPERSIAPKAN BURUNG SEBELUM LOMBA ATAU KONTES BUAT PARA PEMULASeptember 24, 20160 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

Arsip Blog