Informasi Dan Panduan Seputar Burung Berkicau.

MANFAAT LIDAH BUAYA UNTUK BURUNG BERKICAU

by Unknown , at November 30, 2016 , have 0 komentar
Lidah buaya (aloe vera) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam.nama yang di gunakan pada tumbuhan ini terlihat jelas pada bentuknya yang memang menyerupai lidah pada reptil buas yaitu buaya.tumbuhan ini biasa digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit oleh nenek moyang kita pada jaman dahulu. lidah biaya dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering seperti afrika.namun seiring berjalannya waktu,kini lidah buaya dapat kita jumpai di seluruh pelosok dunia,bahkan biasa di jadikan tanaman hias oleh penduduk setempat.
dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, manfaat dari tanaman lidah buaya di kembangkan sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan baku sebuah produk makanan dan minuman kesehatan.banyak para petani di luar dan di dalam negri yang mengembangbiakkan lidah buaya,saya rasa bisnis ini sangat menguntungkan,mengingat permintaan pasar yang semakin besar dan petani akan tumbuhan berduri ini masih minim.

Secara umum lidah buaya merupakan salah satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri.
berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat yang kaya akan manfaat seperti enzim, asam amino, mineral, hormon, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.
salah satu zat penting yang terkandung dalam lidah buaya adalah (aloe emodin),sebuah senyawa organik dari golongan antrokuinon yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin dan meningkatkan laju sintesis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3 beta,sehingga sangat berguna untuk mengurangi rasio gula darah.
Namun pernahkah kalian sadari,bahwa kandungan tanaman lidah buaya tidak hanya berguna pada manusia saja,melainkan juga berguna untuk hewan dan unggas khususnya pada burung berkicau.para kicau mania yang sudah senior sudah merasa tidak asing lagi akan manfaat lidah buaya yang bisa mengatasi berbagai permasalahan pada burung peliharaannya.kandungan alami tanpa ada bahan kimia sangat berguna menyembuhkan penyakit tanpa khawatir efek samping yang kurang baik.dalam beberapa hari ini kerap di temukan pakan burung berupa voer yang mengandung unsur atau komposisi bahan lidah buaya.
pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai manfaat lidah buaya pada burung berkicau,yang sedikit dari para kicau mania khususnya pemula belum menyadarinya.
Beberapa manfaat lidah buaya untuk burung berkicau antara lain sebagai berikut.

1.sebagai anti oksidan

Anti oksidan alami ini berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan mem­bantu mencegah penyakit yang di sebabkan oleh radikal bebas melalui udara dan cuaca.

2.sebagai obat penyembuh luka

Luka pada burung yang di sebabkan oleh gigitan serangga, luka bakar dan jenis penyakit kulit lain nya bisa di atasi oleh lidah buaya, yaitu dengan cara menggunakan lendir dari lidah buaya tersebut dan di tempelkan pada bagian yang luka atau sakit.

3.sebagai anti inflamasi

Meninum atau pakan burung yang mengandung sari pati lidah buaya banyak di yakini dapat mengobati dan mencegah konstipasi untuk melancarkan saluran pencernaan.kandungan serat pada lidah buaya melebihi serat pada buah-buahan,sehingga burung bisa tumbuh dengan sehat serta aman dari pentakit lambung dan usus.

4.pembasmi kuman penyerap minyak pada bulu

Bulu pada burung adalah suatu struktur epidermis yang membentuk penutup luar.cairan pada akar burung berupa minyak membantu melindungi bulu dari kekeringan.bulu yang rusak dan kering biasa di sebabkan oleh jamur,kuman dan kutu yang menghambat metabolisme minyak yang terdapat pada akar bulu.jika di biarkan dalam jangka panjang dapat mengakibatkan bulu ngelidi,rusak bahkan kebotakan permanen.masalah tersebut di sebabkan minyak pada akar bulu burung yang diserap habis oleh hama jahat tersebut.menerapkan mandi yang teratur menggunakan air rebusan lidah buaya di percaya mampu mengatasi permasalahan di atas.

5.penyubur pertumbuhan bulu baru selesai ngurak

Burung yang sedang dalam proses ngurak berbeda dengan kerusakan pada bulu yang di sebabkan oleh hama jahat.ngurak atau rontok bulu merupakan proses alam yang biasa di alami oleh semua unggas menginjak umur mapan.dalam masa ini burung memerlukam banyak multivitamin dari biasanya.mengkonsumsi lidah buanya secara teratur di yakini mampu memepercepat pertumbuhan bulu baru dengan sempurna.

6.pembasmi kuman pada saluran pernafasan

Air rebusan lidah buaya sangat bermanfaat menyembuhkan segala macam penyakit yang menghambat saluran pernafasan atau saluran udara pada burung.misalkan masalah saluran tenggorokan,dimana dalam hal ini burung akan malas berkicau serta menurunnya nafsu makan karna burung akan merasa sakit jika melakukan aktifitas tersebut.

Demikianlah ulasan yang membahas mengenai manfaat lidah buaya pada burung berkicau.
jangan lupa bantu share kepada yang lain,terima kasih dan semoga bermanfaat.


MANFAAT LIDAH BUAYA UNTUK BURUNG BERKICAU
MANFAAT LIDAH BUAYA UNTUK BURUNG BERKICAUNovember 30, 2016, categorized as Kesehatan 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

Arsip Blog