Informasi Dan Panduan Seputar Burung Berkicau.

CEGAH PUNGLOR AGAR TIDAK MUDAH STRES

by abang manuk , at September 03, 2016
Punglor atau anis merah memiliki suara merdu dan gaya unik saat berkicau,dua hal tersebut manjadi daya tarik tersendiri bagi para kicau mania.burung yang kontras dengan warna merah ini tidak pernah sepi dari perbincangan komunitas dunia perburungan di tanah air.namun ada hal negatif mengenai burung ini,dimana dari dulu hingga sekarang punglor di kenal dengan burung yang mudah stres dan membutuhkan perawan akstra yang luar biasa.suara merdu si punglor atau anis merah ini memang membikin hati pendengar tentran dan damai dengan nada yang melengking serta cengkok kicauannya yang merdu.namun begitu sebaliknya apabila si punglor ini stres maka tidak bisa di pungkiri pemiliknya juga akan ikut-kutan stres,pasalnya mengembalikan performa burung punglor tidak semudah membalikkan telapak tangan kita.

Punglor yang sudah terlanjur stres memerlukan pola perawatan yang lebih baik lagi dan waktu yang agak lama agar bisa pulih kembali.
Penyebab performa burung punglor menjadi menurun bermacam-macam,entah itu disengaja maupun tidak disengaja oleh sipemilik.salah satu penyebab yang sudah biasa di alami antara lain...
1.Setelan atau setingan harian sengaja di ubah oleh pemilik baru.
2.Kalah mental selesai mengikuti lomba di lapangan.
3.Salah pola perawatan ketika dalam masa mabung/ngurak/moulting.
4.Burung terlalu over birahi.
5.Burung sedang sakit.
6.Burung nyulam.
7.Dan lain-lain.

Trik mencegah burung punglor agar tidak mudah stres sehingga gacor dan teler memang berbeda beda yang di  terapkan oleh para kicau mania,akan tetapi semuanya tetap kembali pada karakter burung itu sendiri.intinya pola perawatan burung punglor memang memiliki tingakatan yang lebih sulit jika dibandingkan dengan pola perawatan burung kicauan lainnya.
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara mengenai pola perawatan burung punglor agar tidak mudah stres dan selalu tampil dalam kondisi prima.

Perawatan Harian Burung Punglor Yang Benar.

Pengembunan.
Bagi saya pribadi salah satu hal penting dalam merawat burung merah ini adalah jangan malas membuat burung punglor terkena embun pagi (pengembunan).cara ini harus kalian terapkan setiap hari dan jangan lupa tetap kontrol terlebih dahulu kondisi cuaca disekitar.apabila dari kalian mempunyai sifat pemalas dan memiliki banyak kesibukan saya rasa tidak cocok merawat burung yang memiliki julukan anis merah ini.

Pemberian pakan
Pada tahap ini,pemberian pakan berupa voer kering dan buah segar harus selalu diganti setiap harinya.dalam kesehariannya berikan pakan secukupnya,intinya cukup untuk menopang kelangsungan hidupnya dalam sehari.
Ketika memberikan pakan berupa EF jangan sekali kali menggunakan tangan langsung agar suatu saat burung punglor tidak menunjukkan sifat manjanya.sifat manja punglor sangat peka dan sensitif,sifat tersebut biasanya akan ia bawa ke lapangan,dimana burung tidak akan mau berkicau dan tidak mau bersaing dengan lawan ketika melihat sang majikan.jadi kalo mau bawa punglor ke lapangan buat di lombakan usahan jangan si perawat sendiri yang gantang dan jangan sampai punglor melihat si majika.bawa rekan atau sahabat  kalianbuat membawa dan gantang punglor tersebut.namun apabila anda ingin melihat aksi punglor tersebut di lapangan usahan melihat dari kejauhan.

Proses Pemandian
Cara yang paling teapat memandikan burung punglor ialah menggunakan sangkar keramba.jangan sekali kali kalian pegang dengan tangan langsung ketika mau memasukkan burung ke dalam sangkar keramba.lalu bagaimana cara memasukkan burung kedalam sangkar keramba?caranya ialah kalian tempel sangkar harian dan sangkar keramba dalam keadaan pintu sangkar sama-sama terbuka,kemudian didalam sangkar keramba kalian taruh makanan kesukaannya sebagai pancingan agar ia masuk ke dalam sangkar keramba.kalau burung tidak mau pindah sangkar maka jangan kalian paksa,dan alternatif lain agar burung bisa mandi sendiri ialah dengan cara kalian sediakan cepuk yang berukuran agak besar didalam sangkarnya agar senantiasa burung bisa mandi dengan sendirinya.

Proses Penjemuran
Pada saat penjemuran diusahakan pilih tempat gantangan yang strategis dan jauh dari jangkauan burung peliharaan kalian lainnya.durasi penjemuran yang paling baik maksimal 2 jam (antara jam 07 pagi sampai jam 09 pagi) di bawah sinar matahari langsung.

Tempat Gantangan Harian
Masalah tempat menggantang harian buat burung punglor juga berpengaruh pada mentalnya,usahakan gantang di tempat yang sepi dari lalu lalang manusia serta aman dari serangga dan hewan berbahaya lainnya.Tempat gantang yang paling baik dan banyak direkomendasikan buat burung punglor ialah di tempat dimana terdengar ada suara gemercik air,seperti di dekat akuarium,kolam,kamar mandi dan lain sebagainya.hal ini bertujuan agar suasana tiap harinya terasa nyaman dan berfungsi sebagai therapi.

Manfaatkan Kerodong Sangkar
Ketika burung sedang beristirahat,maka jangan kalian abaikan fungsi dari pemakaian kerodong pada sangkarnya.hal ini bertujuan agar selama istirahat burung bebas dari gangguan dan bahaya di sekitar.gunakan kain kerodong yang memiliki ketebakan sedang,intinya burung sulit untuk memandang jangkauan di luar sangkar.

Pemberian Pakan Berupa EF
Pemberian EF berupa keroto segar wajib kalian komsumsilan minimal 2 kali dalam seminggu.keroto segar banyak diyakini mengandung banyak multivitamin dan protein penting untuk menjaga stamina agar punglor selalu sehat dan tidak mudah sakit.
cacing tanah sebanyak satu ekor yang berukuran sedang dan sudah di bersihkan baik juga di konsumsikan sebulan sekali untuk menjaga stabilitas birahi burung punglor.

Baiklah itu saja yang bisa saya sampaikan agar punglor tidak mudah stres.bagikan artikel ini kepada rekan atau teman kalian agar kalian bisa menerapkan arti kata indahnya berbagi.
salam Succes buat semua...

CEGAH PUNGLOR AGAR TIDAK MUDAH STRES
CEGAH PUNGLOR AGAR TIDAK MUDAH STRESSeptember 03, 2016, categorized as PerawatanPunglor
Comment disabled

Arsip Blog